KONTRIBUSI

Kami sangat senang jika Anda ingin berkontribusi menyampaikan data dan analisa seputar parlemen melalui web openparliament.id ini, dengan mencantumkan sumber yang kredibel.

Tanya-Jawab

^

Apa yang ditampilkan pada web ini?

Sesuai tujuannya, untuk membangun keterhubungan para wakil rakyat dan kontituen, maka web ini menampilkan data media komunikasi/informasi para anggota/intitusi DPR. Selain itu, web ini juga menampilkan data yang diolah dari kegiatan DPR dalam  kurun waktu tertentu.

^

Siapa yang mengelola web ini?

Web ini dikelola oleh Indonesian Parliamentary Center (IPC), dengan sebuah tim khusus. IPC sendiri merupakan mitra resmi DPR RI untuk pengembangan Open Parliament Indonesia.

^

Bagaimana validitas data yang ditampilkan di web ini?

Data yang kami tampilkan di web ini diolah dari sumber resmi yaitu DPR, baik melalui situs web dpr.go.id, melalui permintaan informasi, maupun melalui koordinasi data antara IPC dan DPR. Jika ada sumber lain, misal: wawancara atau kutipan media, maka akan kami cantumkan.

^

Apakah publik dapat berkontribusi menyampaikan data dan analisa?

Ya. Sepanjang terkait dengan parlemen dan hal-hal yang memiliki relevani seperti partai politik dan pemilu. Selain itu data berasal dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan sumbernya.

^

Apa tujuan dari web ini?

Web ini bertujuan meningkatkan keterhubungan antara masyarakat dan DPR. Baik secara personal (Anggota) maupun secara kelembagaan.

^

Apakah web openparliament.id merupakan jaringan dari web openparliament dari negara lain?

Tidak. Web openparliament.id merupakan web mandiri yang dibangun Indonesian Parliamentary Center, sebagai organisasi masyarakat sipil yang menjadi mitra DPR dalam pengembangan Open Parliament Indonesia.

^

Apakah web openparliament.id merupakan web dari sekretariat Open Parliament Indonesia?

Bukan.  Web openparliament.id bukan web dari sekretariat Open Parliament Indonesia. Namun web ini dibangun oleh IPC sebagai bentuk kontribusi pada Rencana Aksi Nasional (National Action Plan) Open Parliament Indonesia. Karena itu, sebagian informasi pada web ini di-link-an ke web DPR dan kementerian terkait.

^

Apa yang dimaksud Open Parliament Indonesia?

Open Parliament Indonesia merupakan institusionalisasi prinsip open parliament di tingkat global yang dideklarasikan oleh DPR RI, pada 29 Agustus 2018. Prinsip utama dari Open Parliament adalah adanya kolaborasi antara parlemen dan civil society untuk membangun parlemen yang terbuka dan akuntabel melalui beragam inovasi secara sistematis melalui penyusunan roadmap dan rencana aksi nasional.

Get in touch

Email: admin@ipc.or.id

Telp/Fax: (+6221) 8353626

Jl. Tebet Utara III D , Nomor 12 A, Tebet 12829